Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Oli dengan Baik dan Mudah

Penggantian oli mesin harus dilakukan secara berkala karena semakin lama usia di pakai maka kualitas oli tersebut akan berkuarang. Sepeda motor 4tak biasanya penggantian oli dilakukan setiap 2000 km. Ciri-ciri Oli yang sudah seharusnya diganti diantaranya encer, kotor, berwarna hitam pekat serta daya rekatnya sudah berkurang. Nah jika oli pada motor sobat sudah dalam kondisi seperti itu maka segeralah untuk dilakukan penggantian. Jika dibiarkan saja tentu akan berdampak pada komponen mesin yang mengalami keausan. Lebih jauh lagi dampak yang terjadi diantaranya kompresi bocor, piston ngancing, tenaga drop dll. Sebenarnya tak perlu jauh-jauh kebengkel untuk mengganti oli mesin,sobat  bisa melakukanya dirumah. Berikut adalah cara mengganti oli motor yang bisa sobat terapkan untuk motor sobat.
  1. Persiapkan satu botol oli, penampung dan kunci ring untuk membuka baut tap oli.Yang harus diperhatikan adalah volume oli yang baru saja sobat beli. Untuk motor bebek menggunakan oli yang 0,8 L sedangkan untuk motor sport menggunakan oli 1 L. 
  2. Buka baut tap oli yang biasanya terletak dibagian bawah mesin dengan menggunakan kunci ring atau kunci pas.
  3. Letakan wadah/ penampung dibawahnya untuk menampung oli bekas.
  4. Buka tutup pengisian. Agar bersih sobat bisa menggunakan udara bertekanan (kompresor) untuk menyemprot sisa-sisa oli didalam mesin melalui lubang pengisian.
  5. Jika sudah pasang kembali baut tap.
  6. Tuangkan oli baru ke mesin.
  7. Pasang kembali tutup pengisian.
Mudah kan cara mengganti oli motor sendiri. Sekian dari saya semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Oli dengan Baik dan Mudah"

loading...