Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Kampas Kopling

kampas kopling (1)
Ganti kampas kopling jangan tunggu kampas koplingnya aus dulu baru diganti,kenapa ?
Kali ini kang ari mau kasih tips tentang kampas kopling tipe basah yang ada dimotor tipe moped atau motor sport.Buat bikers motor kopling terutama kopling manual pasti kampas kopling cenderung lebih cepat aus dari pada tipe kopling otomatis seperti di kebanyakan motor moped. Untuk kondisi normal kampas kopling aus dikisaran 20ribu km,diangka 20ribu keatas sudah mulai terasa gejala kampas kopling aus seperti tarikan/akselerasi awal terasa ada yang selip saat lepas tuas kopling.Yang kedua jika tuas kopling jarak gerak bebasnya menjadi jauh sendiri padahal tidak kita setel.Dan yang Motorpun biasanya tarikannya sudah berat mulai gigi kedua dan seterusnya.
Jika sudah ada tanda2 gejala seperti itu maka segeralah ganti kampas kopling,jika tidak segera diganti maka akibatnya akan fatal karena akan mrembet ke part yang lain ikut aus dan biaya service jadi membengkak.Yang seharusnya cuma ganti kampas kopling tapi karena diabaikan mrembet eke par lain seperti rumah kopling dan tutup koplingnya.
Sebenarnya kampas kopling bisa dipakai sampai 50ribu km bahkan jika pemakaian motor tidak sering ‘gantung kopling’ seperti tetangga sebelah saya dia seorang mekanik mobil motornya jup.mx sudah 55ribu km belum pernah ganti kampas kopling,kang ari saja sampai heran kilometer sudah jauh tapi kampas kopling masih tokcer.Jika bikers pemula pasti kampas kopling tidak akan terpakai sampai diatas 30ribuan km,karena sering gantung tuas kopling bahkan kang ari sering didatangi konsumen yang belum bisa cara pakai motor kopling manual baru 5ribu km saja kopling sudah aus dan kondisi rumah kopling sampai gosong.
Maka saran kang ari jangan tunggu kampas aus sampai motor tidak bisa jalan baru diganti,hemat biaya.Seperti konsumen vixion satu ini dia datang kebengkel minta ganti kampas koplingnya padahal motornya baru 26ribu km.Kondisi kampas kopling masih layak pakai tapi untuk menjaga hal2 yang tidak diinginkan lebih baik diganti sebelum parah.
kampas kopling (6)
Oiaya satu lagi tips nich saat pasang kampas kopling,bilang ke mekanik yang masang,saat kampas kopling yang baru mau dipasang dirumah kopling,kampas kopling dibasahin atau dicelupin ke oli dulu tujuannya agar kampas kopling tidak cepat aus. Jika kampas kopling tidak dibasahi oli maka saat motor pertama kali dinyalakan maka aliran oli dirumah kopling bisa seluruhnya membasahi kampas kopling. Jika kampas kopling masih kering maka gesekan yang terjadi akan mengikis ketebalan kampas kopling meskipun hanya sedikit.
kampas kopling
Monggo dikunyah kunya….
sumber

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Kampas Kopling "

loading...