Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Motor Mogok


       Motor Mogok Merupakan Hal yang sering terjadi pada motor Tak Pandang berapa usia motor anda. Tidak begitu menjadi masalah jika motor yang mogok masih tidak jauh dari bengkel.
Masalahnya adalah ketika motor anda mogok pada suatu lokasi yang jauh dari pemukiman. Parahnya lagi keadaan juga ikut memperburuk, seperti hujan deras atau disaat malam hari. Jadi penting sekali bagi pengendara motor untuk mengerti cara-cara pertolongan pertama pada motor yang mogok.
Iya langsung saja kita ke peralatan yang harus di banwa pada saat berkendara.
•Kunci 10,12,14
•Obeng + dan - Sebaiknya memakai obeng yang dua sisi agar tidak ribet membawanya
•Kunci Busi
•Amplas
•Busi Cadangan
•Lap Kain
  
Berikut cara untuk mengetahui sebab mesin motor mogok
   Periksa apakah bengsin masih mengalir ke karburator motor dengan membuka selang bensin dari tangki motor anda yang menancap ke karburator dan kalau bensin tidak mengalir dari selang tersebut maka motor anda habis bensinnya dan kalau bensin mengalir berarti bukan bengsinnya habis cek filter bensin apakah tersumbat dan kalau sudah mengikuti langkah langkah tadi belum jalan juga motornya berarti itu bukan dari bahan bakar abis atau tersumbat.

 Langkah kedua adalah melepas busi, periksa kerenggangan kutubnya biasanya renggang kutub yang baik adalah 1-1,5mm lalu cek pengapian dengan cara kabel busi dipasangkan ke busi lagi lalu ditempelkan ke body mesin lalu starter dan lihat apakah busi mengeluarkan percikan api atau tidak kalau tidak mengeluarkan percikan ganti busi tersebut dengan busi cadangan. Periksa nyala busi Jika nyala busi berwarna kemerahan,terlihat sangat kecil sekali atau tersendat sendat. Cobalah test pengapian menggunakan busi lain/cadangan.  Jika kemudian percikan api terlihat besar, berwarna biru terang berarti busi anda yang sebelumnya memang rusak. Sekarang pasangkan busi pengganti tersebut dan coba distarter, biasanya motor sudah bisa hidup lagi dan hanya disebabkan oleh kerusakan busi.

 Jika masih tetap tidak ada bunga api yang memercik, bisa dipastikan karena ada kesalahan pada komponen pada sistem pengapian yang lain.Seperti: Koil,CDI,kabel kabel dan sambungan kabel yang longgar. Coba periksa sambungan-sambungan kabel dari koil ke busi,dari koil ke CDI atau kabel-lain yang terhubung ke CDI. Coba motor distart kembali Jika masih belum menemukan percikan api, maka masalah bisa jadi pada CDI dan koil pengapian yang rusak. Jika demikian berarti sampai disini anda harus berhenti memperbaiki sendiri. Karena jalan keluar satu satunya, motor harus ditangani oleh teknisi mesin yang sebenarnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Motor Mogok"

loading...